Rakor Teknis Diklat Aparatur Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat Tanggal 7 Maret 2013 di Aula Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat

Kamis 07 Maret 2013 - 23:03:00

Rakor Teknis Diklat Aparatur Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat Tanggal  7 Maret 2013  di Aula Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat
Rakor Teknis Diklat Aparatur Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat Tanggal 7 Maret 2013 di Aula Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat
Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sumatera Barat., Badan Diklat Sumbar - Ibu Deputi IV Bidang Pembinaan Diklat Aparatur Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) Prof. DR. Endang Wiryatmi Trilestari, M.Si secara resmi membuka Rapat Koordinasi Diklat Aparatur yang diselenggarakan di Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat tanggal 7 Maret 2013.

Pada jadwal yang telah disusun Panitia sebenarnya telah ditetapkan bahwa yang akan membuka secara resmi kegiatan ini adalah Gubernur Sumatera Barat Bp. Irwan Prayitno, namun karena ada acara lain yang mendesak, maka Gubernur Provinsi Sumatera Barat tidak jadi membuka secara resmi kegiatan Rakor Diklat Aparatur ini.

Dalam kata pengantar Panitia Penyelenggara disebutkan bahwa tujuan dilaksanakan rapat koordinasi Diklat Aparatur adalah dalam rangka Meningkatkan dan memantapkan koordinasi penyelenggaraan Diklat aparatur baik yang dilaksanakan di Provinsi maupun Kabupaten/Kota serta menyelaraskan program dan kebijakan pemerintah pusat dalam menerapkan penyelenggaraan diklat yang lebih baik dan bekualitas. Peserta yang datang adalah para Sekretaris/Kasubag TU/Kepegawaian di lingkungan SKPD Provinsi Sumatera Barat, Kepala BKD Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat serta Widyaiswara dan Pejabat Struktural pada Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sumatera Barat. Total jumlah peserta mencapai angka lebih 100 orang peserta. Acara Rakor ini juga diisi oleh paparan makalah oleh Narasumber dari LAN RI, Pusat Kajian Sosial Budaya dan Ekonomi (PKSBE) FIS UNP Padang, Kepala Bappeda dan Kepala Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat. Dalam bagian akhir rakor nantinya akan disimpulkan hasil kesepakatan Rakor yang memberi ruang bagi peserta rakor untuk memberikan informasi dan masukan serta kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan kegiatan diklat secara umum atau peningkatan SDM Aparatur khususnya.

Dalam kata sambutannya Ibu Deputi IV LAN RI menyebutkan bahwa agenda terpenting peningkatan kualitas SDM Aparatur adalah pada metode penyelenggaraan diklat, sudah saatnya dimulai metode baru dan meningggalkan cara-cara lama yang tidak sesuai dengan perkembangan zaman. Penyelenggaraan diklat akan sangat menentukan kualitas SDM Aparatur. Aparatur ideal adalah aparatur yang mampu dan kompeten dalam tugas-tugas kedinasannya. Permasalahan kompetensi aparatur tidak hanya di daerah, tapi juga di pusat. Untuk itulah -lanjut Deputi IV LAN RI ini- perlu langkah-langkah konkrit yang bisa dipedomani dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan diklat yang nantinya bermuara kepada peningkatan kualitas SDM Aparatur.

Dalam paparan pertama Ibu Deputi IV LAN RI dengan judul makalah: ”Implementasi Kebijakan LAN RI dalam Penguatan Kelembagaan Diklat untuk Membangun Aparatur Pemerintah Daerah yang Berkompetensi dan Profesional” yang antara lain mengupas tentang berbagai kebijakan LAN RI dalam penyelenggaraan diklat, terutama dalam penyelenggaraan diklat struktural. Prof.DR. Endang Wiryatmi Trilestari, M.SI selaku Kepala Deputi IV LAN RI yang didampingi oleh Drs. H. Arrizallidjar, M.Si sebagai Moderator, memaparkan makalahnya secara gamblang, energik dan bersemangat. Dari paparan ini juga banyak ditanggapi oleh peserta rakor

Sementara pada tampilan kedua oleh Direktu Pusat Kajian Sosial Budaya dan Ekonomi (PKSBE) FIS UNP Padang Prof. DR. Mestika Zed, MA dengan makalah berjudul: ” Penerapan Sistem Penyelenggaraan Diklat Berbasis kompetensi”. Didampingi oleh DR. Rahmedi Yonis, S.Sos., M.Si selaku Moderator. Banyak hal-hal positif yang diuraikan dalam paparan makalah ini dan juga ditanggapi positif oleh banyak peserta.

Siang hari setelah Ishoma, ditampilkan makalah dari Bappeda Provinsi Sumatera Barat dengan makalah Berjudul :”Membangun Keterpaduan Peningkatan Kompetensi Aparatur Pemerintah Daerah”. Moderator pada tampilan ini adalah Elsanra Eka putra, S.E., M.Si Widyaiswara Muda Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat.

Pada sesi berikutnya tampil Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sumatera Barat Bp. H. Rosman Effendi, S.E., S.H., MM dengan makalah berjudul:” Pemantapan Integrasi Kelembagaan Diklat dalam Meningkatkan Kompetensi dan Kinerja Aparatur Daerah”. Yang menjadi Moderator pada tampilan keempat ini adalah Ir. Hj. Khairanti Khairanis, M.Si selaku Kepala Bidang Diklat Kepemimpinan Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat.

Setelah paparan makalah dari 4 (empat) narasumber ini kemudian dilanjutkan dengan diskusi dari peserta rakor yang pada akhirnya menelorkan beberapa kesepakatan rakor antara lain:
- Setiap diklat harus melalui tahapan AKD
- Penyimpanan data kegiatan peningkatan kompetensi aparatur menjadi bank data yang disimpan oleh Badan Diklat untuk tingkat Provinsi dan BKD untuk Kabupaten/kota
- Pengiriman peserta harus sesuai dengan persyaratan peserta yang telah ditetapkan panitia
- Akan dilakukan evaluasi secara objektif terhadap setiap penyelenggaraan diklat



[







Dibaca: 603 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Online Chat
Pengunjung Online

Pengunjung: 1, Anggota: 0...
paling banyak online: 56
(anggota: 0, pengunjung: 56) pada 23 Apr : 20:52
RSS Feed
rss1.0
rss2.0
rdf
Statistik
Copyright (c) Badan Pendidikan dan Pelatihan Propinsi Sumatra Barat

Development & Design by Djamboe WebDesign