PEMBUKAAN DIKLAT FUNGSIONAL CALON PENGAWAS SEKOLAH DI LINGKUNGAN PEMERINTAH PROVINSI, KABUPATEN DAN KOTA SE SUMATERA BARAT

Kamis 14 Maret 2013 - 18:03:00

PEMBUKAAN DIKLAT FUNGSIONAL CALON PENGAWAS SEKOLAH DI LINGKUNGAN PEMERINTAH PROVINSI, KABUPATEN DAN KOTA SE SUMATERA BARAT
PEMBUKAAN DIKLAT FUNGSIONAL CALON PENGAWAS SEKOLAH DI LINGKUNGAN PEMERINTAH PROVINSI, KABUPATEN DAN KOTA SE SUMATERA BARAT
Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sumatera Barat, Badan Diklat Sumbar -
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno hari ini ( 14 Maret 2013) membuka secara resmi Diklat Fungsional Calon Pengawas Sekolah Di Lingkungan Pemerintah Provinsi, Kabupaten Dan Kota Se Sumatera Barat yang bertempat di Aula Badan Diklat Provinsi Jl. Raya Indaruang Padang Besi Padang. Pembukaan ini juga dihadiri oleh Kepala Biro Humas Irwan, S.Sos., MM, Kepala Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat, Kepala Bidang dan Kasubid dan staf, serta Widyaiswara di Lingkungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sumatera Barat.



Pada kesempatan tersebut Bapak Gubernur merespon apa yang disampaikan Kepala Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat sebelumnya, bahwa masih belum maksimalnya sarana dan prasarana yang ada di Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat, sementara kebutuhan untuk penyelenggaraan diklat semakin meningkat. selanjutnya masih kurangnya Widyaiswara yang mempunyai kompetensi di bidang Pertanian.

Untuk itu, Bapak Gubernur menyampaikan kepada Kepala Badan Diklat agar menawarkan kepada PNS yang berminat menjadi Widyaiswara tentunya yang punya kompetensi dan minat yang kuat, sehingga bisa memperbaiki akreditasi yang lebih baik seperti akreditasi yang diraih oleh Diklat Kader dan Diklat Kepemimpinan.

Selanjutnya Bapak Gubernur juga menyampaikan bahwa masih kurangnya tenaga teknis di SKPD masing-masing disebabkan kurangnya dibekali Pendidikan dan Pelatihan kemampuan ke teknisan masing-masing, sementara pekerjaan di SKPD tersebut membutuhkan keahlian keteknisan tersebut. Untuk itu diharapkan kepada Badan Diklat, agar menyurati masing-masing SKPD untuk menyusun apa-apa kebutuhan-kebutuhan teknis yang ada SKPD masing-masing untuk dibekali pendidikan dan pelatihan tersebut, supaya program kerja pada masing-masing SKPD tidak terganggu.

Kemudian Gubernur setelah memberikan sambutan beliau langsung memberikan pembekalan kepada peserta diklat. Dalam pembekalannya beliau menyampaikan agar Pengawas Sekolah lebih tahu dibandingkan dengan yang pihak yang diawasi, walaupun tidak secara keseluruhan teknis yang dikuasai, tapi paling tidak memahami walaupun tidak bisa mengerjakannya. Jangan sampai pihak sekolah yang diawasi tidak merasakan makna Pengawas Sekolah, istilahnya ada dan tiadanya Pengawas Sekolah itu tidak dirasakan.

Berikutnya jangan sampai ada pemikiran kurangnya tanggung jawab kepada jabatan berkaitan dengan jabatan fungsionalnya, karena setiap jabatan itu ada tanggung jawabnya baik itu kepada Pimpinan maupun kepada Allah SWT di hari akhirat nantinya. Karena sesuai dengan Hadits Abdullah bin Umar ra. Bahwasanya Rasulullah saw bersabda: “setiap kamu adalah pemimpin yang akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya".

Sebelumnya, dalam sambutan yang disampaikan oleh Bp. H. Rosman Effendi, S.E., S.H., M.M., selaku Kepala Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat bahwa Pelaksanaan Diklat Fungsional Calon Pengawas Sekolah ini bertujuan untuk mewujudkan kompetensi profesionalisme bagi Pejabat/Calon Pejabat Pengawas Sekolah agar memiliki kemampuan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di bidang kepengawasan kependidikan. Sedangkan sasarannya adalah :

1. Terciptanya aparatur yang memiliki sikap mental dan kepribadian yang positif dan dinamis dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.
2. Terwujudnya Pejabat Fungsional Pengawas Sekolah yang memiliki kompetensi profesionalisme yang sesuai dengan jenjang jabatannya masing-masing.
3. Terciptanya persamaan persepsi dan kesatuan arah pandang dalam menganalisa atau membuat suatu program kegiatan kepengawasan sekolah di bidang kependidikan.

Untuk jumlah peserta, sesuai Telepon Nota Kepala Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat, tentang Pemanggilan Peserta untuk mengikuti Diklat Fungsional Calon Pengawas Sekolah ini, sebanyak 30 orang.
dengan rincian : 20 orang Pria dan 10 orang Wanita.
Masing-masing peserta berasal dari :
1. Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar : 3 orang
2. Dinas Pendidikan Kab. 50 Kota : 3 orang
3. Dinas Pendidikan Kab. Solok Selatan : 2 orang
4. Dinas Pendidikan Kab. Agam : 2 orang
5. Dinas Pendidikan Kab. Solok : 2 orang
6. Dinas Pendidikan Kab. Tanah Datar : 2 orang
7. Dinas Pendidikan Kab. Pess. Selatan : 2 orang
8. Dinas Pendidikan Kota Padang : 4 orang
9. Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh : 2 orang
10. Dinas Pendidikan Kota Pariaman : 2 orang
11. Dinas Pendidikan Kota Solok : 2 orang
12. Dinas Pendidikan Kab. Sijunjung : 2 orang
13. Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto : 2 orang

Adapun Sumber dana/pembiayaan untuk kegiatan Diklat Fungsional Calon Pengawas Sekolah ini dibebankan pada DPA-SKPD Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2013.





Dibaca: 2217 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Online Chat
Pengunjung Online

Pengunjung: 1, Anggota: 0...
paling banyak online: 56
(anggota: 0, pengunjung: 56) pada 23 Apr : 20:52
RSS Feed
rss1.0
rss2.0
rdf
Statistik
Copyright (c) Badan Pendidikan dan Pelatihan Propinsi Sumatra Barat

Development & Design by Djamboe WebDesign