Pembukaan Diklat Dasar Fungsional Penyuluh Pertanian Tingkat Ahli

Selasa 13 Desember 2011 - 23:08:58

Pembukaan Diklat Dasar Fungsional Penyuluh Pertanian Tingkat Ahli Badan Diklat Sumbar - Hari ini, Jum'at (1/7), Kepala Badan Diklat Provinsi Sumatra Barat yang diwakili oleh Sekretaris Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat, membuka secara resmi Diklat Dasar Fungsional Penyuluh Pertanian Tingkat Ahli dilingkungan Pemerintah Provinsi, Kabuoaten dan Kota se Sumatera Barat Tahun 2011.

Dalam sambutannya, Sekretaris Bandiklat menyampaikan pembangunan pertanian tidak akan berjalan lancar kalau tidak didukung oleh suatu sistem penyuluhan pertanian yang baik. Penyuluhan pertanian merupakan salah satu upaya dalam mengembangkan kemampuan, pengetahuan, keterampilan dan sikap petani dan keluarganya melalui proses pembelajaran agar mau dan mampu menolong serta mengorganisasikan dirinya untuk memiliki sumber informasi teknologi dan sumber daya lainnya untuk bekerjasama yang saling menguntungkan dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi, sehingga petani dapat meningkatkan produktifitas hasil pertanian dan kesejahteraan petani itu sendiri.

Tujuan dari dilaksanakannya Diklat Dasar Fungsional Penyuluh pertanian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan aparatur oenyuluh pertanian di Sumatera barat untuk membantu Petani tidak hanya dalam meningkatkan hasil produksi pertanian dan kesejahteraan saja melainkan juga untuk membantu pemerintah dalam memenuhi salah satu misinya yaitu meningkatkan kesejahteraan pangan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Tugas utama dari Penyuluh Pertanian adalah memberikan pengetahuan dan informasi kepada para Petani di Sumatera Barat agar lebih mengembangkan dirinya dalam pelaksanaan peningkatan kesejahteraan dan hasil pertanian. Disamping itu petugas Penyuluh Pertanian mempunyai peranan yang sangat penting dalam melakukan pembinaan dan bimbingan berbagai teori-teori dan praktek dilapangan.

Revitalisasi petani ditujukan untuk menjadikan petani sebagai tumpuan kekuatan perekonomian masyarakat dan juga mengedepankan timbulnya usaha-usaha pertanian.

Menurut Ibu Yulizarni, BA, selaku Direktur Latihan Diklat Fungsional ini di ikuti oleh 30 orang peserta dari SKPD Provinsi, Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat, yang direncanakan diadakan selama 11 hari sesuai dengan jadwal dan materi pembelajaran yang telah disusun oleh Panitia Penyelenggara. Widyaiswara/Fasilitator Diklat ini Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat melakukan kerjasama dengan BLPP Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat.



Dibaca: 2205 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Online Chat
Pengunjung Online

Pengunjung: 2, Anggota: 0...
paling banyak online: 56
(anggota: 0, pengunjung: 56) pada 23 Apr : 20:52
RSS Feed
rss1.0
rss2.0
rdf
Statistik
Copyright (c) Badan Pendidikan dan Pelatihan Propinsi Sumatra Barat

Development & Design by Djamboe WebDesign