Kunjungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Kalimantan Timur ke Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat
Kamis 07 Februari 2013 - 17:03:00

Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sumatera Barat, Badan Diklat Sumbar -
Penguatan kelembagaan antara sesama lembaga diklat perlu dijalin demi tercapainya kesamaan persepsi dan masukan-masukan yang positif dalam penyelenggaraan diklat. Dengan membuka diri kita akan banyak tahu hal-hal positif dalam penguatan kelembagaan, apalagi jika kaitannya dengan penyelenggaraan diklat. Pembanding akan membuat kita semakin yakin akan kekuatan dan berbenah jika ada kelemahan-kelemahan.


Sangat diyakini sekali bahwa keberadaan lembaga Pendidikan dan Pelatihan dapat meningkatkan kinerja seorang pegawai, baik dalam penanganan pekerjaan yang ada pada saat ini maupun pekerjaan yang ada pada masa yang akan datang sesuai dengan bidang tugas yang diemban dalam organisasi. Disamping itu, harus dibekali dengan pengalaman, eksplorasi pengembangan tiada henti dan benchmarking yang memiliki peranan besar dalam mengukur tingkat capaian organisasi dalam menyelesaikan masalah maupun kendala yang dialami pengelola dalam menjalankan roda organisasi agar dapat lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam rangka pencapaian tujuan organisasi. Untuk itulah sangat diperlukan sekali refreshing berupa benchmarking atau penyegaran sudut pandang dalam mengelola organisasi, salah satunya adalah melalui kunjungan kerja ke lembaga diklat lain.

Barangkali berangkat dari asumsi tersebut, pada Selasa tanggal 5 Maret 2013 ini, Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat kedatangan tamu dari Badan Diklat Provinsi Kalimantan Timur dengan jumlah rombongan cukup banyak yaitu 26 orang. Dipimpin oleh Kepala Badan Diklat Kalimantan Timur yaitu Bp. Drs. Syafruddin Pernyata, M.Hum.
Secara administrasi, Kepala Badan Diklat Provinsi Kalimantan Timur telah melayangkan surat mohon difasilitasi kedatangan mereka bertanggal 10 Januari 2013 dengan jadwal pada pertengahan Februari 2013, namun baru terealisisasi pada 5 Maret 2013. Kedatangan tamu dari Badan Diklat Provinsi Kalimantan Timur ini sejak siang Senin 4 Maret 2013 telah disambut dan dipandu oleh Kasubag Umum dan Kepegawaian Diklat Provinsi Sumatera Barat Bp. H. Rudi Surianto, SE bersama Deriyosfika, SE.

Penerimaan secara resmi terhadap kedatangan Badan Diklat Provinsi Kalimantan Timur telah disiapkan dengan mengambil tempat di Aula Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat. Diawali dengan kata sambutan dari Kepala Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat yang antara lain mengucapkan terima kasih kepada rombongan dari Badan Diklat Kalimantan Timur yang telah sudi datang dan berkunjung ke Ranah Minang, khususnya ke Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat di Indaruang Padang Basi ini. Disertai dengan informasi penting tentang perjalanan dan keindahan wisata Alam Minangkabau, Kepala Badan Diklat Sumatera Barat menyebutkan bahwa dengan topografi daerah yang khas, berbukit, bergunung dan berlembah serta adanya beberapa buah danau yang indah menjadikan Sumatera Barat sebagai daerah wisata yang menarik.

Selain itu, Kepala Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat ini juga memaparkan kondisi dan sedikit sejarah Badan Diklat Sumatera Barat. Hamper sama denan provinsi lain di Indonesia, tugas utama Badan Diklat adalah dalam rangka membantu Gubernur dalam mewujudkan peningkatan SDM aparatur. Focus penyelenggaraan diklat juga diarahkan kepada agenda visi dan misi Gubernur yang kemudian dijabarkan dalam beberapa kegiatan diklat teknis dan fungsional. Khusus pada diklat teknis ada penekanan pada arah pemahaman aparatur dalam bidang keuangan dan asset, karenanya dalam beberapa tahun terakhir lebih banyak dilaksanakan diklat-diklat teknis sejenis yang diupayakan agar tercapai misi raihan penilaian WTP oleh BPK. Peningkatan status akreditasi penyelenggaraan diklat serta terstandarisasinya penyelenggaraan diklat dalam SMM ISO 9001:2008 adalah cermin keseriusan Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat dalam meningkatkan kualitas layanan kepada peserta diklat dengan harapan agar juga akan lahir SDM Aparatur yang berkualitas.

Sementara dalam kata sambutan Kepala Badan Diklat Provinsi Kalimantan Timur Bp. Drs. Syafruddin Pernyata, M.Hum menyebutkan bahwa keinginannya datang ke Sumatera Barat adalah cita-cita semenjak kecil yang dikenalinya dari banyaknya bacaan, novel dan kisah-kisah serta para pahlawan nasional yang berasal dari Sumatera Barat. Secara bersoloroh Kepala Badan Diklat Provinsi Kalimantan Timur ini menyebutkan bahwa dia sangat hapal daerah-daerah yang diceriterakan dalam novel-novel sastrawan Sumatera Barat, seperti Padangpanjang, Batipuah, Gunuang Singgalang, Bukittinggi dan sebagainya, namun sayangnya belum pernah sekalipun dikunjunginya. Impiannnya datang ke Sumatera Barat semenjak kecil baru terwujud saat ini, pada saat kunjungan studi banding ke Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat. Ditambahkannya, bahwa Sumatera Barat adalah daerah yang menjadi idolanya karena sudut pandang masyarakatnya yang selalu beruntung, untung dalam dagang dan untung dalam kehidupan social budaya.

Terkait dengan status akreditasi, Badan Diklat Provinsi Kalimantan Timur saat ini telah meraih Akreditasi A untuk penyelenggaraan diklat structural, namun dengan rendah hati disebutkan bahwa kita jangan terjebak dengan sebuah symbol status, yang lebih penting adalah pengakuan dari pelanggan atau peserta diklat. terkadang status atau pengakuan akan membuat kita lengah dan pongah, kepongahan intelektual dan structural hanya menjadikan kita lupa kepada substansi tugas yaitu untuk memberikan layanan terbaik kepada peserta diklat.

Kepada seluruh hadirin yang menyambut kedatangan mereka, Kepala Badan Diklat Kalimantan Timur ini mwngucapkan terima kasih banyak atas sambutannya dan menyebutkan satu persatu rombongan mereka mulai dari Kepala Bidang Diklat Teknis/Struktural, Kabid Pengkajian dan Pengembangan serta Kasubag dan Kasubid ditambah dengan 5 orang Widyaiswara. Selain itu juga turut serta mengikuti rombongan mereka dari Bappeda dan Biro Bangda Setda Kalimantan Timur. Total jumlah rombongan mereka mencapai 26 orang.
Pada akhir pertemuan, masing-masing Badan Diklat saling bertukar cindera mata dan mengucapkan terima kasih atas sambutan kedatangan mereka di Ranah Minang.





Berita ini dicetak dari Badan Diklat Propinsi Sumatra Barat
http:/diklat.sumbarprov.go.id/berita/22/kunjungan-badan-pendidikan-dan-pelatihan-provinsi-kalimantan-timur-ke-badan-diklat-provinsi-sumatera-barat.html